Peta dan Batas Wilayah

Kecamatan cepu, secara geografis terletak di bagian timur kabupaten blora, berjarak 34 km arah timur dari pusat kota blora. Secara administrasi, kecamatan cepu di sebelah utara berbatasan dengan kecamatan sambong, di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten bojonegoro jawa timur, di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten bojonegoro jawa timur sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kecamatan kedungtuban. Jarak terjauh kecamatan cepu dari barat ke timur sepanjang 8 km dan dari utara ke selatan sejauh 6 km.

Kecamatan cepu memiliki wilayah seluas 4.914,535 atau 2,70 persen luas kabupaten blora. Dibandingkan kecamatan lain, luas wilayah kecamatan cepu tergolong kecil yaitu menempati urutan ke-16. Kelurahan cepu merupakan kelurahan yang memiliki wilayah terluas dengan luas wilayah 2,46 km 2 atau sekitar 5 persen dari luas kecamatan cepu.

Lahan di kecamatan cepu terdiri atas lahan sawah seluas 2.038,769 hektar (41,48 persen) dan sisanya lahan bukan sawah sebesar 2.875,766 hektar (58,52 persen). lahan bukan sawah terbagi atas 9,72 persen hutan negara, 18,83 persen tegalan, 21,63 persen pekarangan/ kampung, dan 8,34 persen lainnya.

Lahan sawah di kecamatan cepu ada yang menggunakan irigasi tehnis dan sederhana dan juga ada lahan sawah tadah hujan. Dengan demikian sebagian besar lahan sawah panen tiga kali dalam setahun, ada juga yang panen dua kali dan ada sebagian lahan yang panen sekali dalam satu tahun . Iklim di kecamatan cepu secara umum tidak jauh berbeda dengan kecamatan lain di blora.

Kecamatan cepu termasuk daerah dengan curah hujan rendah dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau. selama periode tahun 2012, rata-rata curah hujan di kecamatan cepu tercatat sebesar 109 mm dengan rata-rata hari hujan tercatat sebanyak 6 hari perbulan. Curah hujan cukup tinggi tercatat pada bulan desember dengan curah hujan 406 mm menurut data yang ada.

Hujan tidak terjadi di setiap bulan, pada bulan juli sampai dengan september tercatat sama sekali tidak terjadi hujan di kecamatan cepu. Akan tetapi di bulan oktober sampai dengan bulan desember menunjukan peningkatan curah hujan yang cukup tinggi mulai dari 4 hari sampai dengan 16 hari terjadi hujan, yang membuat tidak terjadi kekeringan dan bisa mulai bercocok taman.

Berdasarkan uu no. 23 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, kecamatan dipimpin oleh seorang camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada bupati melalui sekretaris daerah. Sedangkan desa dipimpin oleh kepala desa yang dipilih langsung oleh penduduk desa tersebut. Dalam menjalankan pemerintahan desa seorang kepala desa dibantu oleh sekretaris dan perangkat desa.

Secara administrasi, kecamatan cepu terbagi menjadi 6 kelurahan dan 11 desa dan merupakan kecamatan dengan jumlah desa yang relatip tidak besar. Untuk memudahkan koordinasi, setiap desa terbagi menjadi beberapa rukun warga (rw) dan rukun tetangga (rt). Disamping itu, masyarakat cepu juga menggunakan dusun atau lingkungan sebagai wilayah administrasi.

Kecamatan cepu terdiri dari 64 dusun, 88 rukun warga dan 425 rukun tetangga. kecamatan cepu dipimpin oleh seorang camat dan dibantu seorang sekretaris kecamatan. Jumlah perangkat desa di kecamatan cepu berjumlah 848 orang, yang terdiri dari kalur sebanyak 6 orang dan kades sebanyak 11 orang, sekdes sebanyak 15 orang dan perangkat desa lainnya sebanyak 103 orang.