Destinasi Wisata Air Terjun Niagara Cepu

Masyarakat Kecamatan Cepu dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh untuk memilih lokasi wisata alam di musim kemarau. Sebab di kota ini, masyarakat bisa mengunjungi sungai Bengawan Solo. Hal ini lantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa itu menyimpan keindahan tersendiri.

Debit air Bengawan Solo yang menyusut drastis menyebabkan relief-relief dasar sungai tampak ke permukaan. Bentuknya memang tak beda dengan Niagara Falls di Canada hanya saja ukurannya relatif lebih kecil. Suara kracak-kracak (gemericik) yang timbul dari grojokan itu membuat warga menyebutnya air terjun Kracakan.

Adapun pilihan lokasinya ada di Desa Ngloram dan Desa Jipang. Dari dua desa itu bisa menikmati grojogan air Bengawan Solo yang mirip seperti air terjun. Bahkan, para pengunjung sering menyebutnya air terjun Niagara lokal.

“Kalau hari weekend pasti ramai apalagi sungai Bengawan Solo. Saat ini debit air baru berkurang sehingga ada seperti air terjun yang berada di dalam sungai,” kata salah satu pengunjung asal Bojonegoro, Sugeng, Sabtu (1/8/2015).

Menurutnya, kali pertama melihat lokasi ini dari dunia maya. Kemudia, diia bertanya dengan temannya yang berada di Cepu. Keberadaan lokasi wisata alam yang berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur dan Kabupaten Blora Jawa Tengah membuat warga kota itu berkunjung.

“Tak jarang masyarakat Jawa Timur juga mengunjungi wisata alam ini.  Wisata itu seperti menyatukan dua provinsi sekaligus. Sehingga sering kali saya bersama teman-teman menghabiskan waktu libur. Sekaligus untuk menikmati keindahan alam sekitar yang ada,” imbuhnya.

Kebanyakan para pengunjung menghabiskan waktunya dengan memancing atau hanya sekadar bermain air. Tak ketinggalan mereka juga mengabadikan wisata itu dengan kamera pribadinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *